News

Check out market updates

Apa Yang Membuat Kebiasaan Atau Budaya Dalam Perusahaan Anda

Ingin definisi yang solid tentang apa yang dibicarakan karyawan ketika mereka mendiskusikan budaya tempat kerja Anda? Budaya adalah lingkungan kerja yang Anda berikan untuk karyawan. Karyawan termotivasi dan paling puas ketika kebutuhan dan nilai-nilai mereka konsisten dengan yang diwujudkan dalam budaya tempat kerja Anda.

Dari aplikasi awal sampai seorang karyawan dipekerjakan, baik pemberi kerja dan calon karyawan berusaha untuk menentukan apakah pelamar adalah fit budaya yang baik.

Budaya sulit untuk didefinisikan, tetapi Anda biasanya tahu ketika Anda telah menemukan seorang karyawan yang tampaknya sesuai dengan budaya Anda.

Budaya adalah lingkungan tempat Anda bekerja sepanjang waktu. Budaya adalah elemen kuat yang membentuk kenikmatan kerja Anda, hubungan kerja Anda, dan proses kerja Anda. Tetapi, budaya adalah sesuatu yang sebenarnya tidak bisa Anda lihat, kecuali melalui manifestasi fisiknya di tempat kerja Anda.

Sementara budaya tertentu ada di organisasi Anda yang telah dikembangkan oleh karyawan yang bekerja di perusahaan Anda, setiap karyawan baru menambahkan keragaman mereka ke budaya kerja Anda. Jadi, sementara budaya ada ketika seorang karyawan baru bergabung, dia segera menambah budaya yang dialami oleh karyawan di tempat kerja.

Apa Yang Membuat Kebiasaan Dalam Perusahaan Anda?

Budaya itu seperti kepribadian. Dalam diri seseorang, kepribadian terdiri dari nilai-nilai, kepercayaan, asumsi yang mendasari, minat, pengalaman, pengasuhan, dan kebiasaan yang menciptakan perilaku seseorang.

Budaya terdiri dari nilai-nilai, kepercayaan, asumsi yang mendasari, sikap, dan perilaku yang dimiliki oleh sekelompok orang. Budaya adalah perilaku yang dihasilkan ketika suatu kelompok tiba pada seperangkat aturan – umumnya tidak diucapkan dan tidak tertulis – untuk bagaimana mereka akan bekerja bersama.

Budaya Anda terdiri dari semua pengalaman hidup yang dibawa setiap karyawan ke tempat kerja. Budaya sangat dipengaruhi oleh pendiri organisasi, eksekutif, dan staf manajerial lainnya karena peran mereka dalam pengambilan keputusan dan arahan strategis.

Manajer menengah juga penting dalam pembentukan budaya organisasi Anda karena mereka adalah lem yang memegang semua karyawan Anda dengan cara yang memungkinkan mereka untuk menerima informasi dan arahan.

Bagaimana Anda Melihat Budaya Itu

Komponen visual dan verbal dari budaya organisasi terlihat setiap hari di tempat kerja. Apakah Anda berjalan melalui area kerja, duduk di kantor, menghadiri rapat, atau makan di ruang makan siang, budaya organisasi mengelilingi Anda dan menembus kehidupan kerja Anda.

Budaya diwakili dalam grup Anda:

  • bahasa,
  • pengambilan keputusan,
  • simbol dan benda,
  • cerita dan legenda,
  • tingkat pemberdayaan,
  • perayaan, dan
  • praktik kerja sehari-hari.


Sesuatu yang sederhana seperti objek yang dipilih untuk menghiasi meja karyawan memberi tahu Anda banyak tentang bagaimana karyawan melihat dan berpartisipasi dalam budaya organisasi Anda. Konten papan buletin Anda, buletin perusahaan, interaksi karyawan dalam rapat, dan cara orang berkolaborasi, berbicara banyak tentang budaya organisasi Anda.

Anda dapat berjalan-jalan budaya untuk melihat, menghargai, dan mengamati budaya organisasi Anda saat ini. Anda juga dapat mengubah budaya organisasi Anda. Jika budaya yang telah dikembangkan tidak mendukung pencapaian tujuan bisnis Anda atau lingkungan yang ingin Anda berikan kepada karyawan, perubahan budaya adalah pilihan yang sulit, tetapi dapat dicapai.

Anda dapat secara sadar membentuk budaya yang Anda butuhkan untuk peluang keberhasilan organisasi Anda yang paling signifikan. Dengan kepemimpinan yang konsisten yang mendukung pembicaraan, Anda dapat menghadapi tantangan ini — dan menang.

Membantu Karyawan yang Baru

Enculturation adalah proses sosialisasi di mana pekerja baru menyesuaikan diri, dan menjadi bagian dari, budaya perusahaan perusahaan baru mereka, kantor, departemen, kelompok kerja, dan sebagainya. Beberapa perusahaan membantu karyawan baru merangkul budaya organisasi mereka melalui sesi orientasi atau orientasi, dan inisiatif Sumber Daya Manusia (SDM) lainnya.

Departemen harus menyambut karyawan baru dengan rencana yang akan membantu orang baru mempelajari pekerjaan mereka. Rencana terbaik juga melibatkan karyawan baru dalam aspek budaya yang paling penting. Mereka melakukan ini dengan kegiatan seperti:

  • berbagi misi, visi, prinsip panduan, dan nilai-nilai organisasi;
  • memastikan karyawan baru bertemu dengan presiden perusahaan dan karyawan kunci lainnya sehingga mereka dapat mengkomunikasikan budaya dan harapan;
  • lakukan pembaruan mini pada 30, 60, dan 90 hari untuk melihat bagaimana kinerja karyawan; dan
  • menugaskan seorang mentor yang berpengetahuan luas, bijaksana atau buddy yang dapat mengajar karyawan baru budaya perusahaan dan memperkenalkan karyawan baru untuk karyawan jangka panjang tambahan.


Tujuan Anda dengan kegiatan enkulturasi adalah untuk memastikan kecocokan budaya karyawan dan untuk melibatkan dan menemani karyawan baru ke dalam budaya organisasi yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *