News

Check out market updates

Membeli Rumah Dengan KPR

Membeli Rumah Dengan KPR, Dijual Rumah Bekasi, Dijual Rumah Cikarang, Rumah Investasi

IMG_17561

Membeli rumah dengan KPR pasti menjadi salah satu alternatif bagi anda yang akan membeli rumah. Namun perlu disadari bahwa bunga kredit perbankan di Indonesia semakin besar. Tak terkecuali bunga kredit pemilikan rumah (KPR).  Bunga KPR yang sempat melandai ke kisaran satu digit beberapa waktu lalu kini kembali merangkak naik. Bunga KPR kini normalnya di kisaran 13-14% per tahun namun ada promo yang dilakukan oleh perbankan sehingga bunga KPR untuk beberapa tahun pertama berada di kisaran 9,7-11% pertahun. Bunga yang semakin tinggi sedikit banyak akan memengaruhi daya beli masyarakat terhadap kredit bank.

Menyikapi semakin tingginya bunga KPR, perbankan akhirnya menggunakan strategi dengan menawarkan jangka waktu kredit yang lebih panjang guna mengakomodir konsumen membeli rumah dengan kpr. Jangka waktu kredit yang panjang, meskipun dengan bunga aktualnya semakin mahal, akan membuat cicilan kredit bulanan terlihat lebih ringan. Bagi rekan-rekan yang berniat membeli rumah, beberapa hal dibawah ini perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli rumah dengan KPR di bank :

Lokasi Rumah. Prinsip utama membeli properti adalah lokasi. Pastikan lokasi rumah yang hendak Anda beli adalah lokasi yang bagus dalam artian dekat dengan fasilitas publik mulai dari pusat perbelanjaan, rumah sakit, tempat ibadah, hingga fasilitas transportasi publik. Pemilihan lokasi yang kurang memadai akan membuat nilai rumah investasi anda naik relatif lama. Dijual Rumah Bekasi, Dijual Rumah Cikarang, Rumah Investasi

Kerjasama Developer dengan Bank. Membeli properti di developer yang memiliki kerjasama dengan bank, berpeluang memberi Anda diskon bunga. Jika anda membeli rumah dengan KPR dan menggunakan bank tersebut selisih bunga bisa di atas 1 hingga 2%. Namun yang terpenting lagi adalah pilih bank yang akan memberikan anda kredit, karena walaupun bank tersebut menawarkan bunga rendah namun jika tidak dapat memberikan kredit kepada anda berdasarkan kemampuan anda maka itu adalah omong kosong, karena yang anda perlukan adalah kreditnya bukan bunganya.

Kemampuan Cicilan Perbulan. Cicilan hutang sebaiknya 30% dari penghasilan bulanan anda. Cicilan disini meliputi KPR, kredit mobil, kredit kartu kredit dan sebagainya. Pilih skema yang paling cocok dengan kemampuan anda. Kalau anda akan membeli rumah dengan KPR dan hanya mampu mencicil KPR dengan tenor 10 tahun, tidak perlu juga mengambil tenor 30 tahun, namun jika anda berencana dan yakin bahwa sewaktu-waktu anda bisa menutup KPR anda sekaligus maka ambillah dengan jangka waktu terlama karena akan mengurangi beban pengeluaran bulanan anda dan membantu cashflow anda.

Bandingkan Penawaran KPR. Anda tak perlu segan meminta simulasi KPR ke berbagai bank sebagai bahan pertimbangan. Pastikan anda meminta  kejelasan tentang metode penghitungan bunga. Lama masa fixed rate? Bunga efektif atau flat? Terutama, adakah opsi pelunasan sebelum kontrak kredit berakhir? Jika anda ingin membeli rumah dengan KPR maka pertimbangkan Bank yang dapat memberikan anda KPR dengan mudah dan cepat.

Terlepas dari membeli rumah dengan KPR ataupun lunas (cash), Ilustrasi umumnya kepemilikan rumah adalah salah satu keputusan besar bagi seseorang, itu juga merupakan salah satu pengeluaran terbesar yang anda keluarkan dalam hidup anda. Namun harus garis bawahi bahwa semakin lama anda menunda untuk memiliki rumah, maka semakin sulit anda untuk memiliki rumah karena rumah ataupun properti akan senantiasa naik dengan indahnya dan berbanding terbalik dengan keindahan kenaikan gaji atau penghasilan.

@BaihaqiOwner T/WA 0857-7561-4970 Pin 553BAD8F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *