News

Check out market updates

Panduan Menyewa Ruang Kantor Terlengkap

virual-office

Jika perusahaan Anda akan memulai bisnis baru atau perusahaan Anda sedang melakukan ekspansi atau berpindah lokasi, Anda pasti akan membutuhkan Sewa Ruang Kantor baru.

Tetapi mencari rumah yang tepat untuk bisnis Anda bukanlah tugas yang harus dianggap enteng atau terburu-buru. Baik itu lokasi, biaya, ketentuan dari sewa bisnis atau salah satu dari keseluruhan faktor lain yang akan kami eksplorasi dalam panduan ini, membuat tempat bisnis Anda benar dapat menjadi bagian terpenting dari keberhasilannya. Jadi, dari mana Anda akan memulai?

Situasi dan Lokasi

Pencarian online sederhana untuk properti komersial yang tersedia di area yang relevan adalah taruhan yang bagus. Tetapi pikirkan dengan hati-hati tentang di mana bangunan itu berada dalam istilah yang lebih ‘mikro’ juga. Apakah lokasi dilayani dengan baik oleh jaringan jalan lokal? Dan apakah ini hotspot lalu lintas yang dikenal dimana kemacetan akan terhindarkan? Cobalah sendiri saat jam sibuk.

Parkir, serta fasilitas seperti supermarket, ATM, Kantor Bank, hingga restoran juga merupakan pertimbangan utama jika Anda ingin staf karyawan Anda bahagia. Dan alangkah baiknya, fasilitas tersebut sangat dekat jaraknya dari kantor.

Jika bisnis Anda terletak di kota besar, mungkin fasilitas pelayanan umum seperti transportasi umum yang memadai merupakan faktor yang Anda harus pertimbangkan. Jika kantor berada jauh dari jalan raya, itu akan membuat karyawan Anda lebih lamban masuk kerja.

Konstruksi dan Tampilan

Mengamankan tempat yang tepat juga penting. Ini pertama-tama akan bergantung pada sifat bisnis Anda – layanan sablon akan memiliki persyaratan yang berbeda dengan broker asuransi misalnya. Namun, selain pertimbangan praktis, pertimbangkan apakah jenis bangunan cocok dengan merek bisnis Anda. Bangunan kantor tahun 1970-an dengan dekorasi yang tidak menarik tidak akan menjadi tempat yang bagus untuk perusahaan industri kreatif.

Lihatlah tata letak area lantai juga. Ukuran persegi yang diiklankan mungkin tampak cukup besar tetapi jika didistribusikan di beberapa kamar dan koridor kecil dan Anda memerlukan pengaturan rencana terbuka, itu tidak akan cocok.

Pikirkan keperluan untuk sekarang dan beberapa tahun kedepan. Sementara ruang yang tersedia mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda sekarang, apakah ada cukup ruang untuk masa depan bisnis Anda? Lihatlah di mana tepatnya Anda bisa ekspansi. Jika tidak di lantai yang sama, apakah lantai lain akan tersedia selama masa sewa?

Saat mencari kantor untuk disewa, biasanya Anda dapat memilih di antara furnished, semi-furnished dan unfurnished. Jika bisnis Anda baru dimulai, furnished bisa bermanfaat, tetapi periksa preminya karena mungkin bisa lebih murah untuk membeli furniturnya secara terpisah. Dan, terutama jika Anda mengambil alih sebuah gedung yang sebelumnya ditempati, pastikan Anda mengetahui perlengkapan-perlengkapan apa yang akan tetap ada dan yang akan dilepas ketika bisnis Anda pindah.

Periksa pencahayaan lampu serta pasokan air, gas, dan listrik ke kantor. Jika serat optik belum cepat, apakah ini setidaknya tersedia di area kode pos? Terakhir, periksa apakah kantor mematuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan.

Cari penyewa yang tepat

Sewa bisnis adalah kontrak yang mengikat secara hukum antara pemilik properti (juga dikenal sebagai pemilik atau pemilik bebas) dan bisnis yang menempati bangunan. Pemilik properti komersial besar – seperti supermarket dan taman ritel – cenderung menjadi perusahaan investasi, penyedia dana pensiun atau investor luar negeri, sementara bangunan komersial yang lebih kecil dapat dimiliki oleh perusahaan properti swasta atau bahkan perorangan.

Siapa pun yang memiliki gedung kantor yang Anda minati, sewa antara Anda dan mereka sangat penting karena menetapkan syarat dan ketentuan dari perjanjian sewa dan apa yang diharapkan dari kedua belah pihak. Anda secara hukum dan finansial berkomitmen untuk suatu sewa setelah Anda menandatanganinya, jadi periksalah isinya dengan sisir bergigi halus dan mungkin bahkan meminta bantuan surveyor atau pengacara independen. Wajar jika beberapa draf sewa disusun sebelum kedua belah pihak cukup senang menandatangani doted line.

Jika Anda mengambil sewa baru, periksa poin-poin berikut khususnya:

  • Batasan penggunaan dan izin perencanaan:
    Periksa sewa tidak mengandung klausa yang dapat membatasi bisnis Anda dan apa fungsinya. Misalnya, batasan jam kerja, jumlah orang atau emisi kebisingan. Jika Anda ingin mengubah properti dengan cara apa pun, Anda akan memerlukan otorisasi dari pemilik dan izin perencanaan. Proses ini bisa memakan waktu beberapa bulan atau lebih sehingga faktor itu menjadi rentang waktu Anda.
  • Sewa dan Bagaimana membayarnya: Sewa tahunan – biasanya dinyatakan dalam Rupiah persegi – dan ketika dibayarkan juga akan ditetapkan dalam sewa. Secara tradisional, sewa bisnis dibayarkan di muka setiap kuartal. Tetapi ketika krisis kredit melanda, menemukan modal ini menjadi tidak mungkin bagi banyak bisnis dan pembayaran bulanan yang lebih fleksibel diperkenalkan – warisan yang masih berlaku. Beberapa tuan tanah sekarang bahkan menawarkan beberapa bulan pertama secara gratis.
  • Review sewa: ulasan-ulasan ini berlangsung pada interval berapapun yang dinyatakan dalam sewa – biasanya setelah tiga sampai lima tahun. Tujuan ulasan sewa adalah untuk menjaga agar biaya tetap sejalan dengan tingkat pasar yang berfluktuasi. Bisa ditebak, revisi sewa biasanya akan ‘hanya ke atas’ tetapi dimungkinkan untuk membuat ketentuan dalam sewa untuk peninjauan dua arah.
  • Persyaratan kontrak: Persyaratan sewa menjadi lebih fleksibel sejak krisis kredit juga. Sementara bisnis yang sangat besar – seperti supermarket – mungkin masih perlu berkomitmen untuk sewa selama 25 tahun atau lebih, persyaratan sewa untuk perusahaan kecil hingga menengah bisa berkisar antara tiga dan lima tahun. Beberapa bisa sesingkat 12 bulan.

Rumah Investasi juga menyediakan penyewaan yang sesuai dengan kriteria diatas. Lihat apasaja yang kami sewa disini.

Alternatif menyewa kantor

Dengan jangka waktu sewa terpendek, klausul break paling murah hati dan penawaran energi termurah di dunia, Anda mungkin masih belum siap untuk mengambil tempat bisnis Anda sendiri. Dalam hal ini, ada cara yang lebih fleksibel untuk menemukan kantor untuk disewa.

Misalnya, Anda dapat memilih lisensi, daripada sewa yang membutuhkan komitmen keuangan lebih sedikit dan mengikat Anda untuk periode yang jauh lebih pendek. Jika bisnis Anda sangat pemula, Anda mungkin harus memilih lisensi karena Anda tidak dapat diberikan sewa.

Anda juga dapat mempertimbangkan ruang kantor berlayanan yang berarti Anda bisa bangun dan berjalan tanpa harus khawatir mengatur infrastruktur Anda sendiri. Itu karena pengaturan menyediakan semua yang Anda butuhkan di muka – mulai dari printer hingga mesin kopi, dan dari AC hingga resepsionis. Anda masih perlu menandatangani kontrak layanan yang berbeda-beda dalam jangka waktu yang panjang, tetapi akan jauh lebih mudah bagi bisnis Anda untuk datang dan pergi.

Jika Anda senang bekerja dari rumah tetapi menginginkan alamat bisnis yang sah, Anda bahkan bisa menyewa Virtual Office. Untuk pembayaran bulanan yang ditetapkan, pengaturan paling dasar ini menawarkan pengalihan pos dan layanan menjawab telepon yang dapat mengalihkan semua panggilan ke ponsel Anda. Klien Anda akan menjadi lebih bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *