News

Check out market updates

Syarat-syarat KPR Mudah

Apa Itu KPR?

KPR (disebut juga sebagai Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan/agunan berupa Rumah. Walaupun penggunaannya mirip, KPR berbeda dengan kredit konstruksi dan renovasi.

Agunan yang diperlukan untuk KPR adalah rumah yang akan dibeli itu sendiri untuk KPR Pembelian. Sedangkan untuk KPR Multiguna atau KPR Refinancing yang menjadi Agunan adalah Rumah yang sudah dimiliki.

Karena masuk dalam kategori Kredit Konsumtif maka peruntukan KPR haruslah untuk kegiatan yang bersifat Konsumtif seperti pembelian rumah, furniture, kendaraan bermotor dan tidak diperbolehkan untuk kegiatan yang bersifat produktif seperti pembelian stok barang dagangan, modal kerja dan lain sebagainya.

Beberapa contoh KPR adalah KPR Merdeka dari Bank NISP, Kredit Griya Utama dari BTN, dan KPR BCA dari BCA.

KPR memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses kepemilikan tempat tinggal karena menurut data Bank Indonesia mayoritas masyarakat mengandalkan KPR sebagai fasilitas pembiayaan dalam memiliki rumah. Riset Bank Indonesia menemukan bahwa 76.42% menggunakan KPR untuk memiliki rumah.

Jenis-Jenis KPR yang Ada di Indonesia

Berikut telah kami rangkum jenis-jenis KPR yang ada di Indonesia:

1. KPR Konvensional

Jenis KPR yang umum ada di Indonesia, dan mungkin semua orang Indonesia sudah mengenalinya. Bahasa lain dari KPR non-subsidi ini ada hampir disetiap bank yang ada di Indonesia. Tentu dengan persyaratan yang berbeda-beda dan tingkat suku bunga yang berbeda pula. Suku bunga yang telah ditetapkan biasanya ada di BI Rate. Dikarenakan ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, maka tiap bank mengadakan denda yang lumayan besar bila ada keterlambatan pembayaran.

Masa kredit KPR Konvensional disediakan cukup lama hingga 25 tahun.

2. KPR Syariah

KPR Syariah merupakan KPR yang menakisme bunganya flat atau tetap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *